Manfaat Mencintai Diri Sendiri Sebelum Mencintai Orang Lain

 


Istilah ‘cinta’ memang memiliki arti luas, bahkan tidak semua orang memahami makna terdalamnya. Namun, tahukah kalian bahwa cinta sangat erat kaitannya dengan memahami? Oleh karena itu, sangat penting mencintai diri sendiri dahulu sebelum mencintai orang lain.

Setiap orang memang ingin hidup bahagia salah satunya dengan merasa dicinta. Namun, tahukah kalian bahwa persoalan mencintai tidaklah semudah berkata? Pasalnya, terkadang urgensi tersebut menjadi sangat rumit apabila tidak terlebih dahulu mencintai diri sendiri dahulu sebelum mencintai orang lain.

Apa pentingnya mencintai diri sendiri terlebih dahulu? Sekarang ini banyak terjadi fenomena orang berlomba meraih kebahagiaan dengan menarik perhatian orang lain. Padahal, sejatinya diri sendiri tidak dicintai secara utuh. Lantas, apa saja manfaat mencintai diri sendiri terlebih dahulu?

1. Terhindar Dari Kata Galau

sources: Pixabay

Galau menjadi salah satu kata yang telah mewabah diberbagai kalangan. Ungkapan tersebut dilontarkan ketika seseorang merasa sedih dan bimbang terhadap sesuatu, terlebih lagi apabila menyangkut perihal percintaan. Putus, diabaikan, diduakan atau bahkan ditinggalkan menjadi luka hati tersendiri.

Semua rasa itu tentu saja tidak akan mudah hinggap pada diri seseorang apabila sebelum mencintai orang lain, sudah terlebih dahulu mencintai diri sendiri. Mengapa bisa demikian? karena orang yang sudah mencintai dirinya terlebih dahulu paham bahwa sedih berkepanjangan tidak baik untuk kesehatan mental dirinya. Sehingga tentu saja akan lebih nyaman dan terhindari dari kata galau.

2. Lebih Memahami Diri Sendiri



Manfaat mencintai diri sendiri yang berikutnya adalah mampu memahami diri terlebih dahulu. Sejauh ini banyak didapatkan orang jarang memahami dirinya seperti apa, namun berlomba untuk mengkoreksi kehidupan orang lain. Sehingga akibatnya banyak bertebaran problema seputar istilah ‘Kritik Lupa Cermin’

Upaya memahami diri sendiri bisa dilakukan dengan sering kali merenung dan berbicara pada diri sendiri. Seperti misalnya menanyakan perihal apa yang disukai, tidak disukai, apa sifat buruk yang dimiliki dan masih banyak lagi. Apabila semua itu terjawab, maka ketika nanti menjalin cinta dengan seseorang tidak akan ada perselisihan yang saling menyalahkan.

3. Menghindarkan Diri Dari Pikiran Dangkal



Ketika menjalin hubungan dengan seseorang, pasti sering bukan terjadi selisih paham yang berasal dari perbedaan sudut pandang? Hal tersebut bisa terjadi karena salah satu pihak berpikiran dangkal, baik merasa paling benar atau tidak bisa mengambil sisi positif dari kritik maupun saran yang diberikan.

Pola pikir dangkal tersebut muncul karena sebelumnya tidak mengenal diri sendiri terlebih dahulu. Akibatnya selalu merasa terdiskriminasi, tersudutkan dan menjadi titik tumpu dalam sebuah hubungan. Padahal, jika sudah mencintai diri sendiri, pasti akan mudah menerima masukan dengan berpikiran luas.

4. Menjadikan Diri Lebih Bahagia



Siapa yang tidak ingin awet muda dan terhindar dari kerutan halus? Pasti baik laki-laki maupun perempuan menginginkan hal tersebut bukan? Oleh karena itu, upayakan mencintai diri sendiri terlebih dahulu sebelum mencintai orang lain agar lebih bahagia.

Tahukan kalian bahwa ternyata perasaan bahagia juga memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan. Oleh karena itu untuk senantiasa sehat, bukan hanya dengan mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna saja, melainkan juga jangan lupa bahagia setiap hari.

5. Semangat Menambah Kualitas Diri



Pernah merasa insecure? Jika itu yang saat ini sedang kalian rasakan, maka segera bangkit dan mulailah mencintai diri sendiri. Orang yang mencintai dirinya akan semakin bersemangat menambah kualitas diri, baik dalam segi pendidikan, sosial, ekonomi dan lain sebagainya. Semua itu dilakukan agar self branding dalam diri terbangun serta lebih merasa percaya diri.

Jadi, itulah beberapa manfaat mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain. Apabila kalian bisa menerapkannya dengan sungguh-sungguh maka akan membawa pengaruh besar dalam hidup. Apabila sudah mampu mencintai diri sendiri, nantinya mudah dalam memahami perasaan dan memberikan cinta kepada orang lain.

Comments

  1. What i ddo not understood is in truth how you are not really much more well-preferred than you may be rikght now.
    You are very intelligent. You undersstand thus significantly
    when it comes to this topic, made me individuallyy imagine it from so
    many varied angles. Its like men and women don't seem to be involved
    edcept it's something to do with Lady gaga! Your ownn stuffs nice.

    Always maintain it up!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for support.. be succes and God bless you ��

      Delete

Post a Comment