Inilah Dampak Negatif Tidur Setelah Shubuh Bagi Kesehatan


Sejauh ini dampak negatif tidur setelah Shubuh belum banyak diketahui oleh sebagian besar orang. Sehingga tentu saja kerap diabaikan dan dianggap bukan suatu masalah besar, padahal secara medis banyak penelitian membuktikan perihal efek sampingnya bagi kesehatan.


Sebagaimana yang disebutkan dalam kitab suci umat Islam, Al-Qur’an pun turut menggingatkan secara tegas umat-Nya agar tidak tidur setelah Shubuh. Hal itu kemudian semakin dikuatkan oleh penelitian dalam lingkup medis dan ternyata memang benar berdampak buruk bagi kesehatan.

Terlebih lagi saat bulan Ramadhan tiba, para umat Islam yang bangun malam guna menjalankan ibadah sahur tentu merasakan kantuk berat. Sehingga membuat sebagian besar dari mereka memutuskan untuk tidur setelah Shubuh guna menjaga stamina tubuh. Bagi yang masih ragu, simak beberaoa dampak negatifnya berikut ini:

1. Menyebabkan Diabetes

sources: diabetes

Berdasarkan penelitian dibidang kedokteran, orang yang memiliki kebiasaan tidur setelah Shubuh ternyata berpotensi terkena diabetes. Tidak hanya itu, terlalu banyak tidur juga dapat memicu penyakit serupa. Lantas mengapa bisa terjadi?

Diabetes yang diderita oleh segolongan yang gemar begadang dan kemudian sering kali tidur setelah tubuh akan mengalami resistensi insulin. Hal tersebut akhirnya mengakibatkan kadar gula darah cenderung meningkat dan berakibat fatal nantinya.

2. Pemicu Penyakit Jantung dan Kerusakan Pembuluh Darah

sources: halodoc

Serangan jantung yang berakibat stroke sering kali dialami oleh orang-orang yang suka tidur di pagi hari atau setelah Shubuh. Mengapa? karena tekanan darah dan peradangan tubuh semakin cepat meningkat, sehingga detak jantung menjadi tidak stabil.

Kerusakan pembuluh darah juga bisa saja terjadi jika kebiasaan tersebut masih dilakukan, baik tua maupun muda. Perlu diketahui bahwa jaringan syaraf yang berpotensi besar terserang kerusakan adalah bagian otak, mata dan masih banyak lagi.

3. Mudah Lupa (Pikun)

sources: bobo

Pikun’ dalam istilah Jawa menyebutkan bahwa kejadian tersebut sering kali dialami oleh orang tua berusia lanjut. Namun setelah diteliti lagi ternyata penyakit mudah lupa juga bisa menyerang kalangan yang kerap kali tidur setelah pada jam-jam setelah Shubuh.

Hal tersebut disebabkan karena otak dan sel-sel jaringan tubuh tidak beristirahat dengan baik. Selain itu juga, tidur setelah Shubuh membuat otak menjadi kekurangan oksigen akibat terlalu banyak menyerap energi sehingga ‘pikun’ berpotensi besar menyerang.

4. Obesitas

sources: jamberita

Dampak negatif lain yang bisa dirasakan oleh penggiat tidur setelah Shubuh adalah berpotensi mengalami obesitas. Pernyataan ini diungkapkan dalam sebuah studi kedokteran bahwa seseorang yang waktu tidurnya kurang dari 7 jam cenderung memiliki nafsu makan tinggi.

Jika sudah demikian maka jelas saja orang tersebut lebih suka makan ketika kurang tidur. Akan tetapi apabila terpaksa maka sangat disarankan untuk mengkonsumi makanan yang aman dikonsumsi saat bergadang, guna mencegah timbulnya obesitas.

5. Menimbulkan Resiko Kanker

sources: blogdokter

Banyak orang kurang mengetahui bahwa resiko kanker merupakan salah satu dampak negatif tidur setelah Shubuh. Pernyataan ini sebenarnya merujuk pada poin nomor dua ulasan di atas karena aktivitas tidur malam selama 7 jam sangat penting diperhatikan.

Apalagi mengingat macam-macam kanker yang mematikan sampai saat ini belum juga ditemukan penangkalnya. Sehingga sebagian besar penderita penyakit tersebut selalu berakhir dengan kematian. Lantas, apakah masih berniat meneruskan kegiatan tidur setelah Shubuh?

Kelima dampak negatif tidur setelah Shubuh bagi kesehatan di atas sudah seharusnya diwaspadai sejak dini. Caranya adalah dengan mengatur waktu tidur malam dan jangan sering begadang apabila tidak diperlukan. Selain itu, upayakan mengkonsumsi vitamin guna menjaga sistem kekebalan tubuh.

Comments

Popular posts from this blog

10 Penulis Wattpad Paling Digemari Anak Muda

Astaga! 7 Tahun Treatment Pakai Produk Larissa Aesthetic Center, Inilah Hasilnya

10 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Calon Suami