Hapus Pengangguran: Inilah Pekerjaan Online Sebagai Refrensi

Pada era zaman serbah canggih ini, semua pun tak luput mengikuti perkembangan. Termasuk berkerja,  jika dulunya mencari nafkah hanya bisa dilakukan pada tempatnya. Maka sekarang dapat dikerjakan dimana dan kapanpun. Oleh karena itu alangkah baiknya mengenal lebih banyak pekerjaan online yang ada di sekitar kita.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Pekerjaan Online?

sources: koalahero



Mengulas tentang kelebihannya pasti banyak sekali.  Selain efektif waktu dan tempat, pekerjaan online juga dapat di jalankan tanpa modal. Jika dulu hanya orang-orang yang telah  lulus  sekolah saja yang dapat mendaftar ke tempat kerja,  sedangkan bekerja dengan cara ini tidak seperti itu.



Semua kalangan bisa melakukan cara kerja seperti ini asal memiliki bakat. Tak sedikit pula pekerjaan yang cocok untuk anak sekolah atau mahasiswa. Dengan bekerja paruh waktu misalnya, mengingat tidak dibatasi waktu dan tempat.  Bisa dilakukan saat jam istirahat atau sepulang belajar.



Selain kelebihannya tentu saja pekerjaan online memiliki beberapa kekurangan. Contoh kecilnya kendala jaringan.  Cara bekerja satu ini memang sangat bergantung pada kondisi sinyal dan kita tidak pernah tau kapan dan di mana Koneksi berjalan lancar atau terpapar gangguan.



Selain masalah koneksi jaringan tentunya ada yang lebih fatal dari itu semua. Penipuan rasanya menjadi momok paling ditakuti para pekerja online. Jika tidak pintar-pintar dan  telitih memilah dan memilih pekerjaan bisa saja kita tertipu,  sehingga tak mendapat apa-apa atau bahkan sampai merugi.

Macam-Macam Pekerjaan Online yang Harus Diketahui


Cara bekerja satu ini nampaknya menjadi alternatif pilihan bagi yang tidak suka terlalu lama berada di tempat kerja dalam kata lain kurangnya kebebasan dan terlalu terkekang. Untuk itu coba kenali tipe-tipe pekerjaan online yang sekiranya cocok untuk kalian.

1. Pekerjaan Online Untuk Mahasiswa


Kebutuhan pengeluaran yang nampaknya secara terus-menerus meningkat, membuat siapa saja membutuhkan pekerjaan. Begitu juga seorang mahasiswa, mengingat biaya perkuliahan tidaklah murah maka demi mengurangi kekurangan sebagian dari mereka harus bekerja.

Lantas, apakah seorang mahasiswa yang notabene-nya masih mengeyam bangku pendidikan bisa bekerja? jawabannya adalah BISA. Saat ini banyak penyedia lapangan pekerjaan paruh waktu sehingga tidak perlu takut mengurangi kewajiban belajar. Jika masih ragu, berikut ini beberapa diantaranya:
  • Editor dan Freelance Writer


Editor freelance nampaknya cocok untuk mahasiswa.  Apalagi mengingat pola kerjanya tidak dibatasi waktu dan tempat, sehingga tentunya bisa dikerjakan di mana dan kapanpun. Selain itu bekerja dengan cara ini juga masuk kedalam kategori pekerjaan online tanpa modal.

Masih sama seperti editor, menjadi seorang writer (penulis) juga penerapan cara kerjanya bisa seperti pada paragraf di atas. Hanya bermodalkan bakat menulis yang mumpuni dan tanggap melayani client-client, pekerjaan online  ini sangatkah menjanjikan.
  • Tutor Online

Menjadi tutor atau pengajar dengan cara ini juga bisa dicoba. Biasanya mengajar anak SD sampai SMA dengan membuat website khusus bisa dibilang sebagai kelasnya. Selain membagi ilmu yang bermanfaat juga merupakan pekerjaan online yang menghasilkan uang.

Selain itu pekerjaan online untuk mahasiswa ini juga tidak membutuhkan biaya apapun, melainkan hanya bermodal ilmu yang dimiliki saja. Demi menjalankan pekerjaan ini, kalian bisa melakukannya sembaru menunggu jam mata kuliah mulai atau setelahnya.
  • Driver Ojol

Jika dua pekerjaan online untuk mahasiswa di atas benar-benar tak membutuhkan biaya apapun maka berbeda dengan yang satu ini.  Tapi tenang jangan khawatir, pasalnya cukup bermodalkan motor yang kalian miliki maka  sudah bisa menjadi driver ojol.

Bekerja sampingan menjadi ojek online tak akan mengganggu waktu belajar kalian jika manajemen waktunya tepat.  Misalnya hanya menerima penumpang di luar jam belajar. Tentunya pekerjaan online macam ini sangat dianjurkan untuk mahasiswa yang ingin mendapat uang.

2. Pekerjaan Online Untuk Anak Sekolah


Berbeda dengan ulasan di atas, jika mahasiswa sudah cukup dewasa bekerja menjadi driver ojol mengambil tanggung jawab serta resiko, menerima tawaran mengedit atau menulis. Maka pekerjaan online untuk anak sekolah lebih ringan dan tidak terlalu beresiko.  Seperti uraian di bawah ini;
  • Menjual Pulsa dan Paket Data

Menjual pulsa dan paket data merupakan salah satu dari pekerjaan online untuk anak sekolah yang cukup diminati.  Mengingat bahwa modalnya relatif sedikit, maka usaha sudah bisa berjalan.  Misalnya menarik teman sekolah atau tetangga sebagai pelangan setia.

Selain cara bekerjanya mudah pekerjaan online ini juga sangat menguntungkan. Setidaknya penghasikan yang didapat bisa membantu biaya pengeluaran atau sebagai tambahan uang jajan.  Lebih-lebih lagi bisa ditabung dan diberikan ke orang tua.
  • Review Produk

Mereview sebuah produk atau iklan nampaknya menjadi pekerjaan online yang menghasilkan uang lumayan cukup banyak. Biasanya cara kerjanya lebih mirip seperti selebgram dengan barang endorsenya. Mengulik mengupas tuntas  lalu mempostingnya di akun sosial media.

Selain mendapatkan uang juga membuat kalian menjadi terkenal. Kelebihannya lagi pekerjaan online ini bisa dikerjakan di mana dan kapanpun sama seperti contoh lainnya yang telah di uraikan di atas. Apalagi jika memiliki jumlah pengikut lebuh dari 1000 orang, tentu berpeluang besar meraup kesuksesan.
  • Blogger dan Youtuber

Jika dulu bloger dan Youtuber hanyalah sebuah hobi.  Kini keduanya sudah menjadi pekerjaan online dengan gaji tinggi yang menjanjikan. Kalian bisa mendapatkan penghasikan dari iklan dan google adsense.

Caranya sendiri cukup mudah,  hanya dengan memposting tulisan di blog atau konten video di chanel Youtube. Semakin banyak viewers maka sebanyak itu pula pendapatan yang kalian dapat dari pekerjaan online satu ini.

3. Pekerjaan Online dengan Gaji Tinggi

sources: freepic

Jika ditanya apakah ada pekerjaan online dengan gaji tinggi? Tentunya ada dan sangat banyak. Bahkan penghasikan yang didapatkan bisa jauh lebih besar dari karyawan perusahaan. Mau tau apa saja? Coba simak uraian di bawah ini:
  • Konsultan

Jika dulu seorang jasa konsultan harus mempunyai tempat untuk membantu pasien yang ingin berkonsultasi. Sekarang tidak perlu lagi,  cukup membuat situs website saja anda sudah bisa membuka usaha pekerjaan online ini.

Meskipun menjual jasa hanya melalui website, konsultan merupakan pekerjaan online dengan gaji tinggi. Bisa sampai melampaui bayaran yang diterima karyawan perusahaan besar setiap bulannya.
  • Translator

Bagi kalian yang memiliki kemampuan berupa menerjemahkan teks maka translator adalah salah satu opsi pekerjaan online. Sistem kerjanya bahkan nyaris tanpa modal sebab hanya membutuhkan skill menerjemahkan yang mumpuni.

Hanya saja translator memang masih jarang ditemui.  Banyak mereka yang kurang berminat padahal bekerja seperti sangat menjanjikan ketimbang lainnya. Oleh karena itulah ada baiknya jika kalian segera mencoba pekerjaan online ini karena berpeluang cukup besar.
  • Programer dan Pembuat Aplikasi

Mahir dalam bidang coding dan IT? maka pekerjaan online berupa menjadi seorang programer dan pembuat aplikasi adalah pilihan tepat. Mengapa? mengingat dunia industri 4.0 seperti sekarang ini membutuhkan pengelolaan website yang mumpuni demi bisa memasarkan produk mereka.

Progamer sendiri sekali mendapat pesanan kerja pundi-pundi yang didapat bisa puluhan juta.  Tergantung bagaimana kerumitan dan kesepakatan dengan client. Pekerjaan online tanpa modal ini hanya memerlukan komputer serta jangan lupakan bakat khususnya.

4. Pekerjaan Online yang Bisa Dilakukan di Rumah

Add caption: siapsukses

Nah, berhubung saat ini tengah masa pandemi corona tentunya pergerakan menjadi terbatas.  Mengharuskan Anda untuk work from home (WHF). Lalu pekerjaan online apa saja yang dapat dilakukan seperti itu? Meskipun sebenarnya daftar kerja di atas juga bisa dikerjakan di rumah, berikut referensinya lainnya:
  • Online Shop

Online Shop menjadi pilihan mayoritas orang yang saat ini banyak dijalani. Pasalnya, modal yang dibutuhkan juga dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing, sehingga tidak perlu merasa tertekan atau terpaksa.

Walaupun pendapatan dari olshop tidak sebesar bayaran translator atau programer.  Pekerjaan online satu ini tetap menempati rating tertinggi pada list cara bekerja masa kini. Tak sedikit pula berbagai macam kalangan yang membuat usaha. Dari individual sampai kelompok.
  • Dropshiper

Selanjutnya ada dropshiper yang merupakan pekerjaan online tanpa modal, mengapa? karena di sini tidak perlu menampung pasokan atau memaking barang seperti pada penjualan lainnya. Kalian cukup berdiam diri di rumah.

Semua dilakukan oleh owner termasuk menjual. Pekerjaan online di rumah ini sebenarnya sedikit mirip seperti usaha ritel lainnya.  Pendapatan yang dihasilkan pun cukup lumayan.  Biasanya tergantung selisih harga penjualan antara supplier dengan pedagang ecer.
  • Desainer Grafis

Jika kalian memiliki skill mengoperasikan corel draw, photoshop dan software lain untuk mendesain, maka desaigner grafis adalah pekerjaan online yang patut di coba. Apalagi jika sudah jago, maka biasanya jika menjelang musim wisuda atau kelulusan pasti akan kebanjiran orderan.

Selain bisa di kerjakan di rumah dan tanpa modal, kalian hanya perlu memiliki laptop atau komputer saja. Bentuk output dari pekerjaan online ini biasanya berupa poster, desain undangan pernikahan hingga edit foto. Soal fee jangan ditanya, per orderan kalian bisa mematok paling murah sekitar Rp. 25.000,00 sampai ratusan ribu rupiah.

Beberapa daftar contoh pekerjaan online di atas, sebenarnya semuanya bisa dikerjakan  oleh seluruh kalangan.  Mulai dari anak sekolah, mahasiswa,  pekerja kantor bahkan ibu rumah tangga sekalipu. Oleh karena itu diharapakan uaraian tersebut bisa membantu kalian semua dalam memilih tipe kerja dengan tepat tanpa perlu keluar rumah.

Comments

Popular posts from this blog

10 Penulis Wattpad Paling Digemari Anak Muda

Astaga! 7 Tahun Treatment Pakai Produk Larissa Aesthetic Center, Inilah Hasilnya

10 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Calon Suami