Kenali 8 Ciri-Ciri Pubertas Anak Gadis


Rasa was-was pasti akan terasa jika kalian sudah memasuki usia sekitar 9-12 tahun, terkhusus bagi perempuan. Mengapa demikian?, karena saat itulah beberapa hormon tubuh mulai aktif. Agar tidak terjadi berbagai hal mengkhawatirkan sebaiknya segera kenali 8 ciri-ciri pubertas anak gadis.


Perempuan Terlahir dengan Segala Keistimewaan

sources: pixabay
Percayakah kalian jika perempuan disebut sebagai makhluk Tuhan yang terlahir dengan segala keistimewaannya?. Dikatakan demikian sebab memang wanita memiliki anugrah yang tidak bisa dilakukan atau dirasakan oleh kaum adam.

Contoh sederhananya yakni mengandung selama 9 (sembilan) bulan, melahirkan, menyusui dan masih banyak lagi. Semuanya itu dilakukan dengan mempertaruhkan jiwa, raga hingga nyawanya, betapa mulianya seorang perempuan.

Berbicara mengenai hal-hal di atas tentu saja untuk bisa mengandung, melahirkan dan lain-lain mulanya perempuan harus mengalami masa pubertas. Apabila kalian adalah seorang Ibu, maka sangat perlu memperhatikan ciri-ciri tersebut agar yakin bahwa anak gadis tidak terjangkit masalah pada hormonnya.

8 Ciri Umum Pubertas Pada Anak Gadis


sources: pixabay
Mengingat perempuan menjadi salah satu kuntum bunga yang harus benar-benar dijaga, maka jangan sampai harum semerbaknya dirusak oleh tangan-tangan jahil. Terlebih lagi jika anak kalian tengah memasuki rentang usia 9 sampai 12 tahun. Segera kenali 10 ciri umum pubertasnya sebelum terlambat:



1. Pertumbuhan Tinggi Badan


sources: seruni


Ciri pubertas yang paling umum dialami oleh anak gadis satu diantaranya yakni mengalami pertumbuhan tinggi badan yang signifikan. Jika semua putri kalian terlihat berpostur pendek dan saat memasuki rentang usia 9-12 tahun nampak lebih tinggi, maka bisa dipastikan hormonnya mulai aktif.



Untuk mengetahui ciri pada poin pertama ini, kalian bisa sesering mungkin mengukur tinggi badan anak gadis. Lakukan minimal 2 minggu sampai 1 bulan sekali. Serta sangat disarankan agar mengajaknya berolahraga agar kelak bentuk fisiknya terbentuk dengan indah.



2. Bertumbuhnya Payudara

sources: pekanbaru.com

Perlu diketahui bahwa di samping pertumbuhan fisik yang signifikan, anak gadis yang mulai pubertas akan menampakkan ciri yakni munculnya payudara. Ketika bagian tersebut mulai tampak maka sebagai seorang Ibu kalian harus segera mengajarinya untuk menggunakan pakaian dalam khusus.



Bentuk pakaian dalam ini hampir sama dengan kaos dalam, akan tetapi hanya sebatas diafragma dan dikenal dengan sebuatan ‘Miniset’. Ciri-Ciri pubertas anak gadis di atas biasanya mulai terlihat ketika anak gadis berusia sekitar 10 tahunan tergantung hormon yang mewarisinya.

3. Suara Menjadi Lebih Halus

sources: pixabay


Jika putri kalian ketika berbicara memunculkan suara yang nyaring, kemudian terdengar lebih halus maka dipastikan ciri tersebut merupakan tanda puber. Sekalipun poin ini tidak bisa begitu jelas diketahui akan tetapi sebagai orang tua pasti memahami perbedaannya.



Halus yang dimaksudkan pada poin ini tentu saja tidak akan merubah karakteristik khas suara anak gadis kalian. Misalnya sedari lahir ketika menangis cenderung terdengar keras dan besar, maka seperti itulah seterusnya.

4. Munculnya Rambut di Area Tubuh Tertentu

sources: parentingorami


Ketika usia anak gadis memasuki usia 12 tahun, maka sebagian besar putri kalian akan memunculkan ciri-ciri pubertas berupa munculnya rambut di area tubuh tertentu. Seperti misalnya dibagian ketiak, dinding dan bibir kemaluan.


Menanggapi ciri ini kalian harus mulai mengajarkan anak perempuan untuk selalu menjaga kebersihan area sensitif tersebut. Terlebih lagi dibagian ketiak sebab biasanya setelah bulu-bulu halus mulai bermunculan, bau keringat cenderung meningkat.

5. Timbul Jerawat di Wajah

sources: pixabay

Apabila ciri pubertas berupa munculnya jerawat di wajah anak perempuan kalian mulai terlihat, sebaiknya segera berikan rekomendasi perawatan sederhana. Tidak perlu berasal dari produk-produk mahal yang pasti bisa membersihkan area tersebut.

Kalian bisa membaca 6 tips merawat kulit bagi remaja yang rentan jerawat. Selain itu, seimbangkan dengan memberikan perawatan alami seperti perasan jeruk nipis atau lemon, masker dari putih telur atau lain sebagainya.

6. Keluarnya Darah Putih dari Kemaluan

sources: klikdokter

Saat kalian tahu usia anak gadis mulai memasuki usia 12 tahun, selalu beritahu mereka edukasi tentang merawat kemaluan. Jangan lupa juga sesering mungkin peringatkan anak untuk selalu berkonsultasi jika merasakan ada cairan kental berwarna putih mulai keluar.

Hal tersebut sangat perlu dikonsultasikan antara Ibu dan anak perempuan demi mencegah iritasi di area tersebut. Lantas jika putri kalian sudah memberitahukannya, segera berikan jamu atau asupan khusus untuk menjaga kenormalan hormonnya.

7. Keluarnya Darah Menstruasi

sources: halodoc

Ciri-ciri pubertas pada anak gadis yang paling umum diketahui adalah mulai keluarnya darah menstruasi. Sebelum terjadinya hal ini, sebagai seorang ibu kalian tentu harus mengingatkan anak agar tidak panik. Serta beritahu mereka tentang macam-macam warna darah yang keluar dari hari ke hari.

Demi mengatasi kepanikan anak gadis yang rawan memasuki masa-masa mentruasi, sebaiknya kalian selalu menyediakan pembalut di tas mereka. Jangan lupa untuk mengajarkan cara mengenakannya dengan baik dan benar. Serta ketahui juga tips memilih pembalut wanita yang aman.

8. Tingkat Emosi yang Tidak Stabil

sources: pixabay

Hal yang akan membuat kalian pusing ketika anak gadis mengalami masa pubertas salah satunya adalah perubahan tingkat emosionalnya. Mereka cenderung moody dan tidak bisa dikondisikan. Hal ini dipengaruhi karena hormon-hormon tubuh lainnya mulai bekerja.



Saat memasuki masa ini, sebaiknya kalian mulai mengajarkan upaya self healing agar anak gadis bisa mengontrol emosi. Kegiatan tersebut juga bermanfaat untuk masa depannya, sehingga kelak menjadi kebiasaan baik.



Ulasan mengenai 8 ciri-ciri pubertas anak gadis di atas tidak hanya diperuntukkan untuk orang tua saja, melainkan juga kalian yang tengah memasuki masa remaja. Selalu ingat kunci utama keindahan seorang wanita terletak pada tingkat kebersihan diri, sehingga berusahalah untuk selalu merawat tubuh lebih baik.

Comments

Popular posts from this blog

10 Penulis Wattpad Paling Digemari Anak Muda

Astaga! 7 Tahun Treatment Pakai Produk Larissa Aesthetic Center, Inilah Hasilnya

10 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Calon Suami