Cara Merawat Kucing Mudah dengan Budget Murah



Berniat mengadopsi anabul namun masih ragu karena cenderung ribet dan mahal? Sebaiknya jangan lekas berkecil hati, sebab kenyataannya memelihara anabul bisa dilakukan dengan biaya yang relatif ekonomis. Asalkan rajin-rajin membaca cara merawat kucing mudah dengan budget murah.

Kucing Sumber Kebahagiaan dan Pendatang Rezeki

sources: nasionalisme.co

Sejauh ini masih sangat jarang dipercayai bahwa hewan kesayangan junjungan umat Islam ini, diklaim sebagai pembawa kebahagiaan dan rezeki. Bahkan tidak sedikit manusia bertindak kasar dan semena-mena terhadap kucing.

Bagi penggemar atau sekelompok orang yang tergabung komunitas pecinta kucing, pasti sudah tahu bahwa dengan memeliharanya dapat membuat ketentraman tersendiri. Bahkan pemiliknya tidak segan-segan memanjakan hewan tersebut layaknya anak sendiri.

Rasa bahagia ketika memelihara anabul akan terasa sebab mereka memiliki wajah imut dan tingkah yang lucu. Disisi lain, apabila sang Tuan amat menyayanginya dengan memberikan makanan, maka rezeki sang pemberi akan digantikan oleh-Nya.

Beberapa Kekhawatiran yang Dirasakan Oleh Pemula Ketika Merawat Anabul

Saat pertama kali memiliki hasrat memelihara kucing, bagaimakah perasaan yang tersirat? Tentu, bagi seorang pemula merawat hewan yang bernyawa tidaklah mudah. Terlebih lagi jika pada kenyataannya makhluk tersebut mati, maka sudah pasti akan dihinggapi rasa penyesalan dan dosa amat mendalam.

Sehingga, sebelum benar-benar memutuskan untuk serius merawat kucing, alangkah baiknya mengetahui sisi sensitifnya. Berikut ini beberapa kekhawatiran yang sering dirasakan oleh pecinta kucing pemula ketika merawat anabul:

1. Tidak Bisa Membagi Waktu

source: liputan6

Perlu diketahui, sekalipun kucing adalah hewan akan tetapi pemiliknya wajib menyisihkan waktu untuk bermain dengannya. Hal ini disebabkan karena anabul memiliki perasaan layaknya seorang manusia. Jadi, pastikan menyisihkan sedikit kesempatan, paling tidak mengelus atau mengajak bicara.

2. Takut Merasa Berdosa Jika Kucing Pada Akhirnya Mati

Pada poin ini, siapapun tidak perlu merasa takut, asalkan selalu merawat serta menjaganya dengan benar. Tidak hanya kucing, manusia dan semua makhluk yang bernyawa pasti akan kembali kepada-Nya. Maka untuk meminimalisir hal tersebut, pastikan penjagaan yang tersedia memadai.

3. Takut Keuangan Semakin Menipis


Kebanyakan orang menyerah sebelum berperang hanya karena terus menerus dihantui oleh rasa takut. Memelihara dan merawat kucing tidak akan membuat pemiliknya jatuh miskin. Sama seperti yang telah diulas sebelumnya bahwa anabul akan mendatangkan rezeki tersendiri bagi pemiliknya.

Solusi Cara Merawat Kucing Mudah dengan Budget Ekonomis

source: cermati.com
Sudah selayaknya, tidak perlu berpikir panjang memutuskan untuk mengadopsi anabul. Ada banyak cara merawat kucing mudah dengan biaya yang relatif murah. Sebagaimana semua itu tergantung pada pribadi masing-masing. berikut ini solusi dan cara-caranya:




1. Beri Makanan Sederhana dan Beli dalam Jumlah Kilo

source: hewany.com
Jika baru saja mengadopsi seekor kucing, maka sangat disarankan untuk terbiasa memberinya makanan kering (dryfood). Beli saja dalam jumlah kilo karena biasanya penjual cenderung menjatuhkan harga murah, dari pada membeli sachet.

Apabila pengadopsi tergolong berasal dari kalangan menengah ke atas, boleh saja memberikan berbagai jenis makanan kucing, seperti dryfoodwetfood hingga snack khusus anabul. Pastikan juga hewan peliharan tersebut menyukainya. Untuk memudahkan memilih makanan kucing yang murah, baca juga: Merk makanan kucing yang murah dan bagus.

2. Sediakan Litter Box

source: trubus.id
Sama seperti manusia, seekor kucingpun memiliki tempat buang air sendiri yakni biasa disebut dengan litter box. Keberadaan benda ini amat penting agar sang Tuan tidak kerepotan membersihkan kotorannya. Guna meminimalisir dana, bisa saja membuatnya dari benda-benda bekas tak terpakai.



Namun jika tidak ingin kesusahan membuatnya, kalian bisa juga langsung datang ke petshop dan membelinya. Harga litter box ukuran sedang juga relatif murah, yakni sekitar Rp. 50.000,00 sampai Rp. 100.000,00 saja.



3. Berikan Susu yang Tidak Terlalu Mahal

source: my-best.id
Toko-toko penjual makanan hewan pasti banyak menyediakan aneka pilihan jenis susu untuk anabul. Mulai dari usia bayi hingga dewasa. Biasanya, harga yang ditawarkan juga beragam, sekitar Rp. 5000,00 hingga Rp. 30.000, 00 rupiah per sachetnya.



Pemberian susu ini sangat penting untuk menunjang kinerja otak kucing, agar anabul lebih responsif terdahap majikan. Selain itu, bisa juga memberikan susu manusia untuk anabul, tetapi pastikan juga bahwa hewan tersebut cocok, guna menghindari diare.



4. Minimalisir Biaya Dokter

sources: goodnews
Tahukah bahwa kucing juga sangat butuh diberikan pengobatan? Mengingat sejarah merawat kucing yang paling mahal memang terletak pada biaya dokternya. Untuk itu sebisa mungkin minimalisir berkunjung ke dokter hewan apabila tidak diperlukan.



Biaya dokter juga sangat beragam, terlebih lagi jika kucing tersebut berjenis ras seperti Anggora, Mixdome, Persia hingga peaknose. Butuh sekitar Rp. 150.000, 00 untuk setiap vaksin sebanyak 2 kali dalam setahun. Hingga biaya steril jika ingin menjaga populasi ras dari anabul.



5. Sediakan Kandang yang Nyaman

sources: hewani
Manusia butuh tempat tinggal untuk beristirahat, begitu pula dengan kucing. Si pemilik harus menyediakan kandang untuknya. Bahkan guna meminimalisir dana pembelian kandang, buat saja sendiri dari sisa-sisa kayu atau material yang ada.



Ketika membeli atau membuat kandang untuk anabul, pastikan memberi ruang yang memadai. Terlebih lagi jika kucing tersebut memiliki ukuran badan lumayan besar. Hal itu sangat berguna agar kucing menjadi lebih leluasa bergerak maupun bersantai di dalamnya. Rekomendasi kandang kucing yang murah dan berkualitas bisa kalian review terlebih dahulu di: ulasan kandang murah berkualitas.



6. Ajak Bersosialisasi dan Bermain

sources: catlovers
Saat dirudung stress akan pekerjaan atau urusan lainnya, maka cara paling jitu untuk mengembalikan mood yang rusak adalah dengan mengajak kucing bersosialisasi. Seperti mengajak bermain dengan mainan khusus anabul hingga mengajaknya berbicara agar hewan tersebut mematuhi perintah si tuan.



Meskipun bagi sebagian orang bersosialisasi dengan kucing dianggap tidak wajar, namun faktanya anabul bisa sangat penurut kepada sang Tuan jika sering-sering diajak bicara. Bahkan sering kali hewan tersebut mampu menjaga si pemilik dari mara bahaya.



7. Sesekali Manjakan Kucing dengan Grooming

sources: kucingpedia
Jika dalam kamus manusia terdapat istilah me-time seperti facial dan padycure, maka kucing juga demikian. Sosoknya juga layak dimanjakan dengan grooming. Secara luas diartikan sebagai kiat-kiat untuk menjaga kebersihan tubuh sang hewan.



Grooming bisa dilakukan di petshop sesuai budget dan kebutuhan anabul. Misalnya, kucing hanya butuh dibersihkan kakinya atau bulunya, maka pemilik bisa mengambil paket mandi lengkap, hanya dengan harga sekitar Rp. 75.000,00 sampai Rp. 200.000, 00 saja.



8. Beri Vitamin Kucing

sources: kucing


Jangan lupa untuk senantiasa memberikan vitamin kepada kucing. Pasalnya, hal tersebut amat berguna sebagai penjaga nutrisi, mempertahankan sampai meningkatkan nafsu makan. Vitamin juga bisa mencegah anabul terjangkit penyakit menular.

Harga vitamin kucing juga sangat terjangkau, yakni sekitar Rp. 20.000,00 hingga Rp. 200.000,00 saja, tergantung kebutuhan anabul. Pemilik bisa membelinya di petshop resmi dan terpercaya, guna menghindari produk abal-abal.

9. Jadi Anggota Tetap (Member) di Petshop Langganan

sources: radarpekalongan


Cara merawat kucing yang mudah dengan budget murah bisa didapatkan dengan menjadi anggota tetap (member) di petshop langganan. Biasanya, pihak petshop akan memberikan banyak voucher maupun diskon bagi pelanggan tetapnya.

Menjadi member di petshop juga akan sangat membantu pemilik anabul dalam memantau kesehatan. Seperti misalnya, mendapat pemberitahuan waktu kucing untuk melakukan vaksin, ataupun kemudahan penitipan saat si tuan berpergian.

10. Selalu Jaga Kebersihan

sources: hewany

Cara mudah merawat kucing tanpa harus mengeluarkan banyak biaya adalah dengan menjaga kebersihannya. Baik dari tempat makan, buang air hingga badannya. Sebab, akan sangat merepotkan apabila si anabul terjangkit penyakit.

Menjaga kebersihan anabul bisa diterapkan dengan membersihkan kandang setiap 3 hari sekali. Tidak hanya itu, mengganti atau mencuci pasir di litter box jika kotran sudah penuh juga sangat dibutuhkan. Sehingga kucing merasa nyaman dan pemilik tenang.

Kini, siapapun yang ingin merawat anabul tidak perlu bingung atau dilema lagi. Cara merawat kucing di atas bisa dijadikan refrensi bagi pemula atau pemiliki yang bahkan masih dirudung kecemasan. Pastikan untuk mensurvey harga jika hendak mengadopsi.

Comments

Popular posts from this blog

10 Penulis Wattpad Paling Digemari Anak Muda

Astaga! 7 Tahun Treatment Pakai Produk Larissa Aesthetic Center, Inilah Hasilnya

10 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Calon Suami