10 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Calon Suami


Upaya komitmen paling sakral dalam jalinan hubungan antara 2 (dua) insan dimabuk asmara adalah pernikahan. Terlebih lagi untuk seorang perempuan. Oleh karenanya, hindari kekecewaan pasca menikah dengan mengetahui 10 hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih calon suami.

Mengapa Calon Suami Harus Dipilih?

sources: Pixabay

Bayangkan saja apa jadinya jika kalian menikah dengan seorang laki-laki yang tidak dikenal sebelumnya? Pasti merasa aneh, canggung serta bingung. Apalagi menyandang status sebagai perempuan yang tentu saja harus mengabdikan jiwa dan raga kepada suami nantinya.

Upaya memilih calon suami sebelum menikah memang harus dicanangkan. Jangan sampai menyesal dikemudian hari apalagi setelah memiliki anak. Mengingat laki-laki merupakan imam dan tonggak dari keberlangsungan hidup keluarganya.

Oleh sebab itulah, sebagai perempuan kalian harus benar-benar selektif. Jangan sesekali hanya berlandaskan ataupun mengagungkan cinta semata, melainkan tinjau lebih detail lagi. Apabila masih bingung apa saja yang layak diperhatikan, berikut ini diantaranya:

1. Ketahui Agamanya

sources: islamidia.com

Hal yang paling penting ketika memulai sebuah jenjang pernikahan adalah agama. Pastikan kalian memilih calon suami yang seiman. Sebisa mungkin hindari perbedaan keyakinan ketika hendak menikah, sebab tindakan tersebut sangat tidak dianjurkan.

2. Pahami Tingkah Lakunya (Adab)

sources: doripos

Ketika kalian hendak menentukan pendamping hidup, maka sebaiknya pilihlah calon suami yang memiliki tingkah laku atau adab terpuji. Pastikan laki-laki tersebut tidak terjerat kasus atau tindakan kriminal lainnya, serta upayakan sosoknya sangat sopan kepada siapa saja.

3. Sejauh Mana Kedewasaannya

sources: Hello Sehat

Mengingat suami kelak adalah imam bagi seluruh keluarganya, maka sebagai seorang perempuan kalian wajib memilih sosok laki-laki berpola pikir dewasa. Bentuk kedewasaan dari seorang pria biasanya bisa terlihat dari bagaimana pribadinya menyelesaikan dan menanggapi persoalan sekitar.

4. Seberapa Besar Tanggung Jawabnya

sources: IDNTimes

Bukan hanya kedewasaan yang harus diperhatikan seorang perempuan ketika memilih calon suami, melainkan juga seberapa besar tanggung jawab laki-laki tersebut. Sebisa mungkin pastikan bahwa pria pilihan kalian selalu memenuhi kebutuhan keluarganya dan tidak lari saat terkukung masalah.

5. Setingkat Mana Kesetiaannya

sources: Hipwee

Tahukah kalian bahwa baru-baru ini banyak bermunculan pemberitaan negatif tentang rusaknya rumah tangga akibat orang ketiga? Pada dasarnya kejadian tersebut terjadi karena kedua belah pihak saling menanggapi. Jangan sampai pribadinya menyukai bermain wanita lain di belakang istrinya kelak.

6. Pastikan Sosoknya Mencerminkan Jiwa Pemimpin

sources: emanueldarrigo

Apa jadinya jika seorang laki-laki mengabdikan dirinya hanya untuk bergantung kepada wanita? Tentu saja hal tersebut sangat tidak wajar. Sebelum kalian menikah, pastikan calon suami mencerminkan jiwa kepemimpinan yang bijak, sebab pria adalah panutan keluarganya.

7. Selalu Mengajak Kepada Kebaikan

sources: popbella

Calon suami yang dan pantas dipilih adalah laki-laki yang selalu mengajak kepada kebaikan. Seperti misalnya turut mengingatkan ibadah, mendekatkan diri pada Tuhan serta masih banyak lagi. Jangan sesekali mempertahankan pria yang mendorong perihal jalan kemaksiatan.

8. Tingkat Kesabarannya

sources: grid.id

Bayangkan apa yang terjadi jika kelak suami kalian ternyata berwatak temperamental? Pasti menakutkan bukan? Oleh karenanya sangat wajib memilih laki-laki yang teramat sabar serta dapat membimbing pasangan serta keluarganya dengan hati lapang.

9. Tingkat Kemapanannya

sources: popbela

Hal yang tidak kalah penting harus diperhatikan ketika memilih calon suami salah satunya yakni tingkat kemapanannya. Poin ini difokuskan pada laki-laki yang sudah memiliki pekerjaan tetap, serta pastikan tidak pengangguran. Bayangkan saja apa jadinya jika kalian tidak dipenuhi nafkah secara lahiriyah?

10. Mencintai Pasangan

sources: suryakepri

Poin terakhir yang paling penting dalam sejarah membangun biduk rumah tangga adalah terjalinnya cinta dan kasih sayang antara dua mempelai. Jangan sampai hidup serba berkecukupan, bergelimang harta akan tetapi satu diantaranya tidak merasa cinta.

Selain 10 hal penting tentang memilih calon suami di atas, sebagai seorang perempuan kalian juga harus memegang 3 poin utama. Diantaranya kesempurnaan fisik, keturunan dan status sosial. Akan tetapi tidak ada salahnya apabila memang hendak menikah dengan orang yang berkebatasan fisik.  Asalkan kalian menikahinya dengan hati yang tulus lahir batin, bukan karena mengejar warisan atau sebainya. Selalu ingat jargon terpenting dalam membangun rumah tangga, yakni menikah adalah suatu ibadah terlama.

Comments

Post a Comment